Pipiholic Art

Search

Wednesday, October 28, 2015

Flashback 4 Tahun lalu

Pagi2 buka fb td diingetin sm maz pezbuk tentang 4 tahun lalu, lama jg ya.. Jd pingin flashback, skalian buat balikin mood untuk start nguwer lagi stelah slowmotion setahun terakhir, q sebut slowmotion krn q ndapernah berhenti, ada nikmat tersendiri ketika menenggelamkan diri dlm karya.

Lets start at 2011,
Awal 2011,
Resign dr sebuah pabrik kuteks & sabun di Rungkut Industri membuat q otomatis jd pengangguran jaya, saat itu keluarga belum tau jika q sudah nda bekerja lagi dan tetap beraktifitas di Surabaya. Saat jd pengangguran itu jd punya banyak waktu untuk nemenin temen ini itu, pendapatan pun sedikit demi sedikit q dapat dengan ngebantuin mahasiswa2 diseputaran Nginden Semolowaru ngerjain tugas2 kuliahnya, sehingga sampai pada permintaan seorang temen ke Klinik UKM Jatim Juanda, karena dia nda PD untuk datang sendirian dan ndatau harus ngomong apa dengan orang2 di tempat tersebut. 
Apa itu KLINIK UKM..???
Sama skali nda ada bayangan seperti apa tempat tersebut, q datang ksana dgn NOL pngalaman & pngetahuan, krn dr kecil smp seusia 28 waktu itu ndapernah sekalipun yg namanya jualan (kecuali jualan produk bank, hehee..) jg sm skali nda ngerti enterpreuneur, apalagi per-UKM-an. Begitu masuk ternyata disana ada semacam tempat konsultasi, short course, ada juga perpustakaannya, dan buku2 craft disana buanyaaaakkk.. Maka betah lah (secara emg doyan 'nglethes' meskipun sebatas main2 aja, krn ortu slalu menganggap hal tersebut wasting time & useless). Sepulang dr situ si temen bilang mau belanja bahan2 bkin craft flanel, aq ngikut aja krn q jg sedang nda punya kegiatan apa apa sekaligus jg pingin tau tempat dia belanja bahan, ternyata dsitulah awal dr semua ini, awal dr Pipiholic Art, awal dari sebuah perjalanan.

Maret 2011,
Pertama kali nya posting hasil membuat aksesoris, masih sangat2 sederhana sekali, menggunakan bahan beads dan monel untuk bros, gelang, anting dan kalung. Tehnik Ronce dengan sedikit pengawuran. Saat itu masih bingung dan belum tau beli kawat dimana, sehingga sasaran utama hanya Si Kawat Monel itu yg dipake.





 

Kemudian setelah bertanya sana sini dan browsing sana sini, tersebutlah beli kawat tembaga di toko bahan dengan harga yg (bagi q waktu itu) mahal, 20 ribu per 100 gram untuk kawat enamel listrik warna biasa.
Paling pertama pegang kawat bikinnya cincin, tehniknya cuma coilingan doang, belajarnya pun hanya dengan berjam jam ngeliatin foto, karena paket internet q saat itu nda memungkinkan buat browsing vidio tutorial, dan waktu itu rasanya q jg blm tau klo ternyata ada tutorial2 online gratis, karena setiap buka link tutorial semuanya berbayar, manalah mampu beli. Dikarenakan q pengangguran, maka ya hanya itu lah kegiatan q sehari2nya, belajar dan belajar. Alhamdulillah karena dikosan saya termasuk banyak penghuninya dan semua masih anak kuliahan, maka barang2 hasil karya saya pun berjalan sendiri, temen2 kos pada bawa ke kampus masing2 untuk dijualin.
Selanjutnya setelah cincin adalah bangle glassbeads merah. Semua foto berikut judulnya adalah PERTAMA KALI.







Juga saya sertakan My First Netting, buruk..??? iyalah, lhawong belajarnya g pake guru.. Bukan saya ndamau "meguru", tapi menurut perhitungan anak kos yg lagi pengangguran adalah lbh baik belajar dengan cara kreatif, seperti sering2 ke perpustakaan, sering2 melototin foto2 produk di internet dan sering2 ngumpul sm tmn2 wire, duitnya buat beli bahan lg, berputar saja..

 
Di Bulan berikutnya adalah pertama kalinya ikut pameran di BG Junctions Surabaya. Jangan diketawain bentuk stand nya ya, sangat jauh dr estetika pengaturan display dan serba apa adanya. Bagaimana tidak, malem hari jam 8 q baru ditelpon temen yg bilang klo besok pagi sudah harus loading stand pameran yang dia dapat dari Dinas Koperasi, namun hari kedua sampai ke-4 dia ndaiza urus stand, sayang sekali kalo stand gratis tersebut sia sia atau dipake orang lain katanya, totally ndasempet siapin apapun untuk display, stok pun apa adanya saja. Rasanya sangat sesuatu sekali saat pertama liad acara tersebut dibuka oleh Bu Risma, saat pertama kali barang q laku di Mall, yup, segalanya serba pertama kali saat itu. Pameran pertama, awal dr perjalanan panjang Pipiholic Art dalam segala keterbatasannya.
 
Saat itu q tau bahwa ada bbrp pihak yg menertawakan, krn produk2 q yg 'katanya' g layak lah, anak baru ndatau apa apa lah, as always, pipiholic pun tetap berlalu. Seiring waktu, semuanya seolah berjalan dengan sendirinya, memperoleh teman2 baru, kesempatan2 baru dan cerita2 baru.
Alhamdulillah dlm perjalanan selanjutnya q dipertemukan dengan banyak sekali orang2 yg sangat baik, sangat menginspirasi dan sangat sangat sangat mendukung. Bukan hanya teman, tp kemudian menjadi lebih seperti keluarga dan saudara, sampai sekarang.

No comments:

Post a Comment

Leave Your Comment..

Kesombongan nda akan membawamu kemana mana selain pada kehancuran