Pipiholic Art

Search

Sunday, November 22, 2015

Alat Perang Q

Belajar membuat aksesoris maupun perhiasan kawat sangatlah menyenangkan, mendapati sebuah hasil karya qt dapat qt gunakan sendiri dengan bangga, bahkan dibeli orang lain dan melihatnya memakai buatan qt tentu jg menjadi hal yg sangat2 membanggakan. Namun, sebelum belajar untuk membuat, mari berkenalan dulu dengan alat2 nya..

Tang adalah tools penting untuk membuat aksesoris manik dan sejenisnya, apalagi untuk Wire Jewelry, meski sebagian besar lebih memakai tangan. Sebagai s
 eorang yang belajar otodidak dengan modal minimalis, q terbiasa menggunakan alat2 yang cenderung apa adanya. Dalam hal ini bukan berarti q meremehkan mereka yg biasa menggunakan tools mahal lho ya, hanya ingin menunjukkan beberapa aliran sesat yang saya gunakan karena minimnya kemampuan untuk membeli tools mahal, jg untuk penyemangat agar nda "beralasan nda mampu membeli alat" ketika ingin berkarya. Justru tools yg mahal itu pun memiliki nilai plus tersendiri, dan q masih menabung untuk memiliki tools tersebut.


Berikut adalah tang yang wajib dimiliki untuk wire jewelry maker :
1. Tang Pembulat (Round Nose Pliers) : Tang pembulat ini digunakan untuk membuat loop (lingkaran ujung kawat), membuat ring, dan membantu menjepit kawat untuk memasukkan pada sisi2 yang sempit,
2. Tang Permukaan Datar Ujung Lengkung : Ujungnya melengkung dan meruncing sehingga dapat menjangkau area2 yang lebih kecil atau sempit, permukaan datarnya digunakan untuk merapikan ujung agar nda tajam dan melukai pemakai,
3. Tang Permukaan Datar Ujung Lebar : Fungsinya sama dengan no 2, namun ujungnya lbh lebar, sehingga penggunaannya lebih terbatas untuk bagian2 luar yang memungkinkan, membantu dalam memegang kawat jika nda memungkinkan dipegang dengan tangan.
4. Tang Potong Kakak Tua : Untuk memotong kawat jika diinginkan hasil potongnya tegak melintang di penampang kawat, tang ini dapat diganti dengan Alat / Gunting Potong Kuku, gunakan pemotong kuku yang menggunakan bahan lbh kuat dan tajam.
5. Tang Potong Logam Keras (Merk Prohex) : Tang pemotong adalah alat yang paling sering qt gunakan, dalam penggunaannya, tang potong biasa akan dapat tumpul seiring pemakaian, oleh karena itu saya menyarankan untuk menggunakan tang yang lbh kuat yang biasa dibeli di toko bangunan atau listrik, tang prohex yang saya gunakan terbuat dari bahan yang anti karat dan kuat, karena sering pula saya pakai untuk memotong kawat stainless steel yang keras.
 6. Tang Nylon : Permukaannya dari bahan nylon, fungsi nya untuk menjepit kawat ketika sedang membuat wj, atau jg untuk membantu meluruskan kawat yang sedang meliuk2, sehingga diperoleh kawat yg lusru mulus.
7. Tang Bergerigi : Tang yang ini sebenarnya wajib untuk pemain manik2, namun tidak wajib untuk pemain kawat, karena permukaan kawat akan rusak jika dijapit dengan tang yang ini.


Biasanya jika di toko bangunan atau toko alat aksesoris ada Paket Tang isi 3 (Tang pembulat, Tang pemotong biasa, Tang Bergerigi) Dan paket Tang isi 5 ( Tang Permukaan Datar Lengkung & Lebar, Tang Bergerigi, Tang Pemotong & Tang kakak Tua).


No comments:

Post a Comment

Leave Your Comment..

Kesombongan nda akan membawamu kemana mana selain pada kehancuran